Logo APAR Kreasi Ukasah

Box APAR Pemadam Kebakaran

 on 

Pemasangan Box APAR Pemadam

Untuk melindungi alat pemadam kebakaran ringan kini telah hadir box APAR yang dilengkapi dengan kunci serta kaca yang membuat tabung pemadam kebakaran menjadi lebih aman tetapi mudah dijangkau.

Cara Pemasangan Box APAR Pemadam Kebakaran yang Baik dan Benar

Box APAR atau dikenal sebagai kotak alat Kaca Pemadam Api Ringan merupakan kotak kaca yang dibuat dari bahan kaca serta terdapat kunci sebagai pengaman. Biasanya kotak ini diletakkan di bagian ruangan kantor, gedung atau bangunan lainnya sebagai tempat meletakkan tabung pemadam kebakaran.

Perlu diketahui, bahwa untuk meletakkan box APAR ini Anda harus menyesuaikannya dengan ukuran tabung pemadam kebakaran karena tabung pemadam tersedia dalam berbagai ukuran mulai 1kg hingga 9 kg. Agar mudah dipasang di dinding dan lebih rapi, tabung pemadam kebakaran di letakkan di dalam box tersebut. Selain itu, tabung pemadam yang tersimpan di dalam box akan terhindar dari tangan-tangan jahil yang bisa merusak tabung pemadam tersebut.

Saat ini semakin banyak penyedia jasa pembuatan box APAR yang melayani pembuatan box APAR sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pastikan Anda meletakkan kotak ini secara tepat agar mudah dijangkau dan terlihat ketika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Bagi Anda yang ingin memasang box APAR berikut ini akan dijelaskan cara pemasangan box APAR secara tepat yang perlu untuk Anda ketahui.

Box Pemadam Kebakaran
  1. Pastikan memasang kotak pemadam kebakaran di tempat yang terlihat jelas sehingga bisa cepat diambil beserta tanda pengamannya.
  2. Untuk menempatkan alat pemadam kebakaran ringan harus disesuaikan dengan golongan serta jenis kebakaran.
  3. Penempatan alat pemadam kebakaran ringan antara alat yang satu dengan yang lain tak boleh lebih dari 15 meter. Tetapi jika jarak tersebut sudah ditetapkan oleh pihak keselamatan kerja berarti masih bisa disesuaikan.
  4. Tinggi pemasangan alat pemadam kebakaran di dinding yaitu 125 cm dari lantai tepatnya diatas satu atau sekelompok alat pemadam kebakaran yang bersangkutan.
  5. Tabung pemadam kebakaran ringan harus di pasang menggantung pada dinding serta dilengkapi dengan pengait yang kuat dalam hal ini adalah Box APAR.
  6. Untuk ukuran kotak tempat tabung pemadam kebakaran, upayakan sesuai dengan besarnya alat pemadam kebakaran sehingga nantinya akan lebih mudah dikeluarkan.
  7. Kotak alat pemadam kebakaran harus memiliki kunci agar lebih aman tetapi bagian depannya harus memiliki kaca dengan tebal maksimal 2 mm.
  8. Pemasangan alat pemadam kebakaran api ringan jangan di dalam ruangan yang suhunya lebih dari 49 derajat celcius kecuali untuk alat pemadam yang memang khusus dirancang untuk diletakkan di ruangan yang bersuhu tinggi.
  9. Meskipun sudah dimasukkan dalam kotak pengaman, sebaiknya tabung pemadam juga tetap dipasangi dengan tutup pengaman untuk menjamin keamanannya.

Bagi Anda yang ingin memasang alat pemadam kebakaran api ringan sebaiknya ketahui cara pemasangannya secara tepat. Selain itu, gunakan box APAR supaya lebih terjamin keamanannya karena box ini dilengkapi dengan kunci serta kaca yang aman sehingga akan menjaga alat pemadam kebakaran supaya tidak mudah rusak.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR