Logo APAR Kreasi Ukasah

Selimut Api (Fire Blanket)

 on 

Alat Pemadam Selimut Api / Fire Blanket

Kebanyakan orang berfikir bahwa memadamkan api hanya dengan air saja. Lantas apa cara lain memadamkan api ringan agar tidak semakin membesar? Berikut ulasannya.

Selimut Api (Fire Blanket) Alat Pemadam Api yang Efektif

Selimut Api (Fire Blanket)

Salah satu musibah yang bisa saja terjadi di dalam rumah adalah kebakaran. Biasanya hal ini disebabkan oleh faktor kelalaian ataupun faktor lain di luar manusia. Kebanyakan orang berfikir bahwa memadamkan api hanya dengan air saja. Padahal terkadang beberapa api justru akan membesar bila dipadamkan dengan air saja, contohnya saja kebakaran dengan api kecil di dapur.

Lantas apa cara lain memadamkan api agar tidak semakin membesar? Selimut api / fire blanket merupakan salah satu alat pemadam kebakaran untuk memadamkan api ringan secara efektif. Sehingga ketika digunakan api tidak semakin membesar. Selimut api ini terbuat dari kain berkualitas yang mempunyai ketahanan panas hingga mencapai 700° C.

Meskipun bentuknya sederhana, namun fire blanket ini memiliki kemampuan pemadaman api yang luar biasa. Selimut api / fire blanket mampu memadamkan api yang sulit dipadamkan oleh air, yaitu api yang berasal dari minyak.

Selimut api / fire blanket juga bisa digunakan untuk melindungi tubuh seseorang. Dengan membungkus tubuh menggunakan fire blanket, maka akan menghindari terjadinya kebakaran di kulit seseorang yang terperangkap api. Tak perlu khawatir, selimut api ini memiliki berat yang begitu ringan bahkan dapat digunakan untuk memadamkan api berulang-ulang. Untuk perawartannya pun sangat mudah, sehingga sangat cocok untuk mengantisipasi kebakaran, terlebih di dalam rumah.

Biasanya selimut api / fire blanket ini mampu digunakan di tempat-tempat umum seperti dapur rumah, toko, gudang, kantor dan tempat lainnya. fire blanket bekerja dengan cara menghentikan suplai oksigen di sumber api, maka dari itu perlu juga untuk memastikan bahwa seluruh kobaran api dapat dijangkau atau ditutupi oleh fire blanket itu sendiri.

Untuk ukuran fire blanket sendiri ada bermacam-macam. Misalnya ukuran 1,2 m x 1,2 m atau 1,8 m x 1,8 m. namun, apabila kobaran api terlalu besar maka akan lebih baik jika menggunakan alat pemadam api ringan ataupun alat pemadam api berat.

Cara menggunakan selimut api / fire blanket begitu mudah. Perhatikan seberapa besar ukuran api sekaligus ukuran fire blanket itu sendiri. Usahakan Anda menggunakan sarung tangan lembab atau pelindung anti api lain agar hembusan api tidak mengenai tangan. Tarik ujung kedua pita yang ada pada fire blanket sampai keluar seluruhnya dari tempatnya.

Apabila kebakaran terjadi di dapur khususnya penggorengan, maka usahakan untuk mematikan gasnya terlebih dulu. kemudian Anda bisa mulai menutup area kebakaran menggunakan fire blanket secara perlahan. Jika ada api yang mengenai area tubuh, maka Anda juga bisa memadamkannya dengan menutup area tersebut menggunakan selimut api / fire blanket.

Gulungkan fire blanket ke badan dan usahakan jangan menutupi area pernafasan seperti hidung ataupun mulut.

Biarkan fire blanket menutupi api hingga 30 menit agar api tidak menyala lagi. Apabila terdapat ventilasi udara, seperti jendela ataupun pintu maka bukalah ventilasi tersebut untuk mengeluarkan udara kotor akibat kebakaran. Setelah lebih dari 30 menit Anda bisa membersihkan fire blanket beserta area yang terbakar.

Perlu diketahui bahwa jangan menggunakan selimut api / fire blanket ini pada benda yang berasal dari bahan elektronik yang bertegangan tinggi. Untuk mengantisipasi hal ini semua Anda bisa menyiapkan nomor dinas pemadam kebakaran agar keadaan tidak lebih memburuk.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR