Logo APAR Kreasi Ukasah

Tabung Alat Pemadam Kebakaran

 on 

Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR)

Ada berbagai jenis tabung alat pemadam kebakaran api ringan beserta isinya. Berikut ini adalah gambaran dan penjelasannya. Seperti apa itu APAR? Ini dia ulasannya.

Kebakaran, baik itu besar maupun kecil adalah salah satu hal yang berbahaya. Terlebih, jika hal ini terjadi di lokasi yang rawan kebakaran atau mudah memicu besarnya kobaran api. Oleh karena itu, ada sejumlah alat pemadam kebakaran yang biasanya disediakan oleh pihak tertentu. Salah satunya adalah tabung pemadam seperti yang sering kita lihat di tempat umum.

Gambaran Umum Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR)

Secara umum, kita bisa melihat keberadaan tabung pemadam di beberapa tempat umum atau bahkan bisa juga kendaraan. Tabung ini pada umumnya berwarna merah dan memiliki sejenis selang tertentu yang bisa digunakan untuk menyemprotkan jenis zat tertentu agar bisa memadamkan api. Ini adalah salah satu jenis alat pemadam kebakaran api ringan (APAR) sederhana dan umum.

Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR)

Kita bisa melihat keberadaan tabung ini dengan mudah. Ukuran yang tersedia pun sangat beragam, mulai dari yang paling kecil hingga besar sekali pun. Selain itu, pada umumnya kita bisa melihat keberadaan jenis alat pemadam kebakaran yang satu ini di dinding. Tabung berwarna merah ini pada umumnya menempel di dinding, baik dilindungi kaca atau juga tidak.

Jenis Isi Tabung Pemadam

Jika kita melihat tabung pemadam, mungkin yang ada di dalam pikiran adalah rasa ingin tahu dengan zat apa yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa jenis isi zat yang ada di dalam tabung berwarna merah satu ini. Ada 4 jenis zat berbeda yang mengisi tabung tersebut, seperti yang ada di bawah ini.

  1. Serbuk atau ABC dry chemical powder
  2. Tabung dengan isi zat ini paling umum digunakan. Harga tabung serbuk juga memiliki harga yang paling ekonomis. Bahan serbuk ini adalah Mono Aminum Phospate (MAP). Semakin besar kandungan MAP, maka semakin bagus daya padam serbuk yang ada tersebut.

  3. Karbon dioksida (CO2)
  4. Karbon dioksida adalah jenis gas yang sangat dingin dan bersih yang bisa digunakan sebagai pemadam api. Tabung pemadam dengan isi karbon dioksida biasanya digunakan untuk memadamkan jenis kebakaran B atau berasal dari bahan bakar cair dan juga kebakaran C atau yang bersumber dari dari listrik.

  5. Gas cair non hallon (HCFC 123 atau 141 B)
  6. Jenis tabung pemadam dengan isi gas ini banyak diminati oleh individu dan perusahaan karena tak meninggalkan bekas. Gas ini bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran jenis A, B, dan C. Jenis zat ini cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran yang dipicu listrik.

  7. Superbusa atau foam
  8. Media foam adalah busa yang dicampur dengan air sebagai media pemadam kebakaran paling bagus untuk tipe kebakaran A dan B. Hal ini bisa mencegah terjadinya kebakaran kembali.

Beberapa jenis dan gambaran umum tentang alat pemadam kebakaran api ringan (APAR) seperti di atas kiranya bisa Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih zat yang dirasa paling aman.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR