Logo APAR Kreasi Ukasah

Berbagai Jenis Isi Tabung Alat Pemadam

 on 

Berbagai Jenis Isi Tabung Apar dan Kegunaannya

APAR mempunyai varian isi tabung yang dapat Anda sesuaikan dengan keadaan bangunan yang ingin Anda amankan dari bahaya kebakaran. Berikut jenis isi tabung APAR, baca selengkapnya !

Berbagai jenis isi tabung APAR -Tabung APAR memiliki beberapa jenis isi, menyesuaikan media apa yang terbakar. Ada dua jenis klasifikasi tabung APAR berdasarkan isinya, yakni jenis tabung APAR kering dan basah. Masing-masing punya keunggulan dan fungsi tersendiri. Ada jenis isi tabung yang kurang cocok untuk benda tertentu.

Seperti tabung APAR yang berisi air, tidak cocok untuk kebakaran karena arus listrik yang konslet. Sifat air yang dapat menghantarkan arus listrik perlu Anda waspadai. Berikut adalah berbagai jenis isi tabung APAR.

Berbagai Jenis Isi Tabung Pemadam

Berbagai Jenis Isi Tabung APAR

  1. Clean Agent (Halon Free)
  2. Alat pemadam kebakaran api ringan yang berbahan gas cair. bahan ini merupakan teknologi baru sebagai pengganti halon. Penggunaan bahan halon sebagai isi tabung APAR itu sendiri sudah dilarang karena dapat merusak lapisan ozon. Clean agent itu sendiri merupakan gas yang dicairkan dan mempunyai suhu rendah menjadikan cairan gas tersebut sangat dingin, hal tersebut yang membuat api padam.

  3. Wet Chemicals
  4. Merupakan alat pemadam dengan isi bahan kimia basah, berbagai jenis isi tabung APAR, jenis ini cocok untuk area dapur. Tabung alat pemadam yang berisi bahan kimia basah ini memiliki rating yang unik. Kebanyakan tabung jenis ini dilengkapi oleh aplikasi khusus. Bahan kimia basah ini mampu mengatasi kebakaran di area dapur termasuk minyak yang menjadi pemicunya.

  5. Carbon Dioxide
  6. Atau biasa dikenal dengan karbon dioksida, berbagai jenis isi tabung APAR, salah satunya memanfaatkan cairan karbon dioksida (CO2). Api dapat membesar karena adanya oksigen sebagai pemicu api. Oksigen sangat konta dengan CO2, sehingga bahan jenis ini cocok untuk memadamkan api. Dapat memadamkan api termasuk peralatan listrik yang mungkin konslet karena kebakaran. Bahan CO2 ini termasuk jenis isi tabung APAR yang bersih karena tidak meninggalkan residu.

  7. Water
  8. Air adalah bahan yang terpikir pertama kali bagi kebanyakan orang untuk mematikan api, termasuk juga digunakan oleh pemadam kebakaran Namun jenis isi tabung ini memiliki kekurangan yakni dapat menyalurkan listrik, bila untuk isian APAR harus digunakan sebijak mungkin, salah penggunaan Anda akan tersengat aliran listrik. Namun isi tabung jenis ini sangat aman untuk benda non listrik yang dapat memicu timbulnya api seperti kayu dan kertas.

  9. AFF Foam
  10. Berbagai jenis isi tabung APAR yang direkomendasikan adalah AFF Foam atau biasa Anda kenal dengan busa. Efektif untuk memadamkan api yang berasal dari cairan yang mudah terbakar. Memang isian tabung APAR jenis ini akan meninggalkan jejak, namun bukankah api mati itu yang jadi tujuan pertama?

    Masalah lain seperti bekas busa dan selebihnya dapat diatasi setelah api tidak menjalar dan menjadi kebakaran besar. Keunggulan lain tabung APAR jenis ini adalah mencegah api menyala kembali, karena sumber nyala api yang sudah tertutup oleh busa.

  11. ABC Powder
  12. Dari berbagai jenis isi tabung APAR, powder termasuk aman hampir untuk semua benda yang menjadi sebab kebakaran. Sifatnya yang tidak menghantarkan listrik membuat Anda dapat tenang menggunakan APAR yang beris bahan powder. Bahkan cocok mengatasi kebakaran kecil yang dipicu oleh gas.

    Meski cocok untuk berbagai pemicu kebakaran namun tetaplah berhati-hati saat menggunakan APAR berisi powder karena sifatnya yang kering, Anda harus waspada terutama menjaga keamanan mata Anda. Bila sampai mengenai mata, hal itu akan mempersulit keadaan Anda untuk lolos dari bencana.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR