Logo APAR Kreasi Ukasah

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

 on 

Cara yang Efisien untuk Mengecek Alat Pemadam Api Ringan

Untuk menjaga keamanan dan perlindungan, di setiap gedung-gedung pastinya dipasang dengan yang namanya Alat Pemadam Api Ringan yang harus selalu siap digunakan. Untuk itu pengecekan terhadap APAR harus rutin dilakukan.

Alat Pemadam Api Ringan atau sering disebut APAR adalah salat satu jenis alat pemadam kebakaran ringan dalam bentuk portable. Alat ini dapat kita jumpai di setiap gedung-gedung atau bangunan yang memang kehadirannya sangat diwajibkan demi keamanan dan keselamatan banyak orang jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Karena APAR diciptakan guna mencegah tersebarnya api sekaligus memadamkan ketika tiba-tiba terjadi kebakaran, maka APAR harus selalu dalam keadaan siap digunakan kapan pun dan dalam kondisi apapun. Oleh karena itu, pengecekan APAR secara rutin harus dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara mengecek APAR.

Cara Mengecek Alat Pemadam APAR

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Cara mengecek alat pemadam api ringan tidak sembarang dilakukan. Ada panduan tertentu yang harus diperhatikan mengenai cara mengecek alat pemadam api ringan yang tepat. Karena pengecekan ini bukan hanya sekedar mengisi checklist pada tabung APAR. Cara mengecek APAR bisa dilakukan secara manual maupun melalui layanan pengecekan APAR. Berikut ini panduan tepat cara mengecek alat pemadam api ringan.

  1. Memeriksa kondisi tekanan pada tabung APAR. Pastikan jarum pada manometer menunjukkan angka 15-20 (zona hijau). Untuk APAR tipe cartridge, cara mengecek yang benar adalah dengan membuka threaded pada leher tabung lalu periksa segelnya. Jika masih utuh, pasang kembali seperti semula.
  2. Jika segel telah terlepas ataupun putus karena khawatir telah digunakan, maka untuk memastikannya dengan membuka selang valve. Jika terdapat bekas serbuk APAR pada selang valve, pertanda APAR sudah pernah digunakan. Jika hal ini terjadi, segera ganti dengan tabung APAR yang baru.
  3. Pastikan kondisi fisik tabung dalam keadaan baik. Artinya tidak ada karat maupun keropos baik pada dasar tabung maupun leher tabungnya. Jika terdapat tanda-tanda tersebut, maka segera ganti dengan yang baru. Jika tabung dalam keadaan baik, maka cukup dengan mengelap saja.
  4. Cara mengecek APAR yang paling penting yaitu kondisi selangnya. Terkadang karena banyak yang menyepelekan APAR karena memang baru diperlukan dalam jangka panjang, kejadian yang sering dialami adalah selang yang digunakan sebagai sarang tawon. Sehingga untuk membersihkannya memerlukan kawat kecil lalu masukan ke dalam lubang selang.
  5. Sedangkan masalah yang paling bahaya ialah zat kimia yang terkandung di dalam tabung APAR. Jika zat ini sampai membeku, lakukan penanganan segera dengan mengganti yang baru. Pembekuan ini dapat terjadi akibat tabung yang salah penempatan yaitu di area yang terkena matahari langsung atau juga terlalu lembab.

Sedangkan cara mengecek APAR melalui layanan bisa Anda dapatkan di berbagai pelayanan. Seperti misalnya di layanan APAR gratis Jateng DIY selama 1 tahun. Hal ini bisa Anda lakukan jika memang waktu yang ada tidak memungkinkan untuk pengecekan satu per satu. Demikian beberapa cara mengecek APAR yang dapat Anda lakukan.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR