Logo APAR Kreasi Ukasah

Bagaimana Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran?

 on 

Semua orang jarang yang mengerti cara menggunakan alat pemadam api. Anda harus mempelajari cara menggunakan alat pemadam kebakaran agar bisa memadamkan api pada saat terjadi kebakaran.

Kebakaran bisa terjadi pada sekitar anda, kapanpun dan dimanapun bisa terjadi kebakaran. Sumber kebakaran yang mengakibatkan munculnya api yaitu dari kegiatan yang dilakukan oleh sekitar anda. Bisa akibat dari kelalaian, ceroboh dan lupa pada hal yang berhubungan dengan api. Waspada dan selalu menjaga keselamatan diri dari kebakaran yang terjadi.

Apakah anda bisa menggunakan alat pemadam kebakaran kecil? Masih bingung dan pasti belum bisa. Tahukah anda bahwa mengetahui hal yang kecil seperti memahami cara menggunakan alat pemadam kebakaran dapat menyematkan anda dalam kebakaran kecil. Pengetahuan ini harus digali agar anda dapat menggunakan alat pemadam kebakaran pada kondisi yang serius.

Cara menggunakan alat pemadam kebakaran terlihat sangat sepele tetapi manfaatnya sangat banyak sekali. Mulai saat ini anda harus belajar tentang alat pemadam kebakaran agar anda serta orang di sekitar bisa mencegah kebakaran yang terjadi.

Bagian-bagian Alat Pemadam Kebakaran

Sebelum memahami cara menggunakan alat pemadam kebakaran, lebih baik mengetahui bagian dari alat tersebut terlebih dahulu. Berikut merupakan bagian yang terdapat pada alat pemadam kebakaran.

  1. Pin pengaman
  2. Tuas
  3. Nepel selang
  4. Pipa
  5. Corong selang
  6. Corong nozzle
  7. Tempat corong nozzle
  8. Tatakan dasar

Bagian tersebut sangat penting untuk diketahui karena untuk mempermudah anda dalam memahami cara menggunakan alat pemadam.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran memiliki macam yang banyak tetapi penggunaannya sama antara satu dengan yang lainnya. Anda hanya perlu memahami secara detail bagian yang berada pada alat pemadam kebakaran. Berikut adalah cara menggunakan alat pemadam kebakaran.

  1. Menarik pin
  2. Pada bagian atas sendiri terdapat pin, anda harus menarik pin dengan kuat. Tujuan menarik pin agar menjaga handle tetap terjaga dan seimbang.

  3. Mengarahkan pada sumber api
  4. Setelah menarik pin maka, anda harus membawa nozel pada sumber api. Waspada jangan sampai membuat kesalahan misalkan menjatuhkan alat pemadam kebakaran ke sumber api.

  5. Menekan Handle
  6. Setelah nozel sudah diarahkan dengan tepat pada sumber api, tekan dengan kuat handle tersebut sampai isi dalam tabung keluar. Semprotkan secara merata pada sumber api, setelah sumber api padam maka beralihlah dengan memadamkan kobaran api lainnya. Pastikan api pada secara menyeluruh agar tidak mengakibatkan kebakaran hebat.

Hanya dengan tiga langkah di atas anda sudah dapat memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran. Selalu pahami cara penggunaan di atas agar anda selalu ingat menggunakannya.

Perasaan khawatir anda sekarang akan berkurang jika ada kebakaran. Anda pasti sudah sigap dan langsung menggunakan alat pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Tidak usah menunggu pertolongan dari yang lainnya, jika sudah mengerti cara menggunakan alat pemadam dengan baik dan benar.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR