Logo APAR Kreasi Ukasah

Cara Merawat Alat Pemadam

 on 

Cara Merawat Alat Pemadam Kebakaran

Beberapa tata cara merawat alat pemadam api ringan agar berfungsi dengan baik dan optimal untuk waktu yang lama. Berikut penjelasan lengkapnya yang perlu Anda ketahui.

Anda Harus Tahu Cara Merawat Alat Pemadam Api Agar Awet

Alat pemadam kebakaran ringan atau biasa dikenal dengan nama alat pemadam api ringan adalah alat bantu pemadam api yang biasa digunakan di dalam ruangan. Alat pemadam kebakaran ringan biasanya berbentuk tabung yang diisi gas yang bisa mematikan sumber api dengan semprotan gas bertekanan tinggi.

Langkah-Langkah Dalam Perawatan Alat Pemadam

Alat pemadam api ringan juga merupakan alat wajib yang harus ada di dalam perusahaan untuk mencegah terjadinya kebakaran yang sewaktu-waktu terjadi. Berikut adalah cara merawat alat pemadam agar alat pemadam api ringan Anda awet dan tahan lama :

  1. Melakukan perawatan secara teratur
  2. Cara merawat alat pemadam yang pertama adalah dengan melakukan perawatan secara teratur pada permukaan APAR. Anda bisa membersihkan permukaan alat pemadam api ringan dengan menggunakan kain setengah basah. Apabila APAR mengalami karat Anda bisa menyertakan alat pembersih karat setelah mengelapnya dengan kain setengah basah dengan waktu teratur.

  3. Pastikan Anda memeriksa bagian leher
  4. Cara merawat alat pemadam yang kedua apa bila Anda menggunakan alat pemadam api ringan yang memiliki leher pastikan Anda memeriksa bagian leher dengan teratur agar Anda mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak. Alat pemadam tipe type cartridge memang membutuhkan perawatan khusus.

  5. Melakukan pemeriksaan pada jarum tekanan
  6. Cara merawat alat pemadam yang ketiga adalah dengan melakukan pemeriksaan pada jarum tekanan. Anda harus pastikan tekanan yang ada pada jarum berada di posisi 15 sampai dengan 20 bar. Pengecekan ini harus dilakukan secara teratur karena akan berpengaruh pada APAR saat akan digunakan dalam kebutuhan mendesak. Pastikan jangan sampai kurang dari 15 atau lebih dari 20, apabila kurang dan kelebihan APAR tidak akan berfungsi dengan optimal.

  7. Hindarkan tabung dari sinar matahari langsung
  8. Cara merawat alat pemadam yang ke empat adalah hindarkan tabung alat pemadam api ringan dari sinar matahari langsung. Selain sinar matahari Anda juga harus menghindarkan alat pemadam api ringan dari hujan karena yang biasa terkena panas dan hujan akan mengalami pengeroposan pada tabung alat pemadam api ringan. Anda bisa menggunakan penutup agar alat pemadam api ringan terhindar dari sinar matahari dan hujan Agar APAR bisa awet dan tahan lama.

  9. Pastikan bracket terkait dengan sempurna pada dinding
  10. Cara merawat alat pemadam yang ke lima adalah pastikan bracket terkait dengan sempurna pada dinding. Alat pemadam kebakaran portabel biasa diletakkan menggantung pada sisi ruangan agar memudahkan pengambilan saat dibutuhkan. Untuk itu perawatan bagian penggantung dibutuhkan agar alat pemadam api ringan tidak tiba-tiba jatuh.

  11. Memastikan apakah roda bisa berfungsi
  12. Cara merawat alat pemadam yang ke enam khusus untuk APAR yang menggunakan troli adalah harus memastikan apakah roda bisa berfungsi dengan baik. Hal in dilakukan agar menghindari terjadinya kemacetan saat roda dalam kondisi baik atau perlu perbaikan. Dari sini Anda juga bisa menilai apakah APAR troli yang Anda gunakan bisa berfungsi dengan baik saat dibutuhkan dalam keperluan mendesak.

  13. Pastikan APAR berada di kondisi yang baik
  14. Cara yang terakhir pastikan bahwa APAR berada di kondisi yang baik dengan melakukan pengisian ulang meski tidak digunakan selama 4 tahun sekali. Karena walaupun tidak digunakan APAR akan mengalami pemuaian yang cukup signifikan jadi alat pemadam kebakaran ringan ini membutuhkan isi ulang setidak-tidaknya 4 tahun sekali agar berfungsi dengan baik saat digunakan.

Mudah bukan melakukan perawatan pada Alat Pemadam Api Ringan. Anda bisa menerapkan pada APAR yang Anda miliki agar alat pemadam Anda berfungsi dengan baik saat digunakan dan bisa bertahan untuk waktu yang lama. Anda bisa melakukan pembersihan dan pengecekan fungsi setidaknya 1atau 2 bulan sekali agar alat pemadam bisa berfungsi dengan optimal.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR