Logo APAR Kreasi Ukasah

Pentingnya Mengetahui Masa Kadaluarsa Alat Pemadam Api

 on 

Alat Pemadam Api Memiliki Masa Kadaluarsa

Masa kadaluarsa tabung alat pemadam api secara umum yaitu 5 tahun, jika dalam waktu tersebut tidak dipakai maka, isi harus diganti. Masa kadaluarsa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu udara, perawatan alat dan isi yang tidak bagus.

Memadamkan api pada sumber kebakaran biasanya menggunakan alat pemadam api. Biasanya alat pemadam api yang dipasang pada suatu gedung ditempat yang mudah terlihat oleh orang. Penggunaan alat ini sangat jarang karena hanya dibutuhkan pada saat terjadi kebakaran. Alat yang digunakan secara jarang dan dalam waktu yang lama akan mengalami masa kadaluarsa tabung alat pemadam api.

Masa kadaluarsa tabung alat pemadam api jarang diketahui oleh pemiliknya, karena isi tabung alat pemadam tidak terlihat. Kadaluarsa bisa dideteksi jika dilakukan inspeksi alat secara menyeluruh dan rutin. Inspeksi atau pengecekan sangat diperlukan agar alat pemadam tetap terawat.

Tahukah anda alat pemadam api memiliki masa kadaluarsa? Jika tidak tahu maka, anda harus mengetahuinya. Masa kadaluarsa tabung alat pemadam api jika tidak digunakan sama sekali yaitu 5 tahun. Pada kurun waktu tersebut powder atau bahan kimia yang berada pada tabung alat pemadam api tidak bisa memadamkan api secara maksimal. Artinya jika digunakan memadamkan api sangat lama dan dikhawatirkan api tidak padam.

Isi tabung yang sudah mengalami masa kadaluarsa harus segera diganti. Penggantian isi tabung bisa secara sendiri atau ke tukang service alat pemadam api. Sebenarnya mudah tetapi harus dilakukan secara waspada agar bahan kimia pada tabung tidak tercemar ke lingkungan sekitar. Bahayanya bahan tersebut bisa membuat polusi yang pastinya merugikan banyak orang.

Masa Kadarluasa Tabung Alat Pemadam Api

Faktor yang Mempengaruhi Masa Kadaluarsa

Selain kurun waktu yang lama, masa kadaluarsa tabung alat pemadam api juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut merupakan faktor yang dapat menyebabkan isi tabung cepat mengalami kadaluarsa.

  1. Penempatan yang tidak sesuai
  2. Alat pemadam api sebaiknya diletakkan pada tempat yang jauh dari kelembaban. Penempatan alat yang tidak sesuai akan membuat isi tabung menggumpal dan tidak bisa digunakan. Penggumpalan terjadi karena udara yang lembab sehingga anda harus menghindari tempat yang lembab.

  3. Kurangnya perawatan
  4. Tabung yang kurang terawat misalkan keropos dan mengalami kebocoran dapat menyebabkan isi tabung kadaluarsa. Tabung yang bocor menyebabkan udara yang berada di luar tabung masuk dan mengkontaminasi bahan yang berada di dalam. Hal ini harus dihindari karena isi tabung tidak bisa bekerja secara maksimal bila terjadi kontaminasi.

  5. Isi tabung yang tidak berkualitas
  6. Bahan dari isi tabung yang jelek pasti tidak tahan lama, sebaiknya memilih bahan yang memiliki kualitas tinggi dan bagus. Anda usahakan untuk memilih bahan yang bertahan maksimal sampai 5 tahun.

Ketiga faktor harus diperhatikan untuk menghindari Masa kadaluarsa tabung alat pemadam api yang cepat. Anda harus melakukan inspeksi alat pemadam agar masa kadaluarsa bisa dideteksi, agar saat digunakan alat bisa memadamkan api dengan cepat.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR