Logo APAR Kreasi Ukasah

Menghitung Kebutuhan APAR Berdasarkan Luas Ruangan/Area

 on 

Agar APAR bisa mengatasi kebakaran secara maksimal sebaiknya ketahui cara hitung APAR tersebut sesuai dengan luas ruangan/area.

Menghitung kebutuhan APAR berdasarkan luas ruangan/area memang sangat penting untuk Anda perhatikan agar nantinya APAR tersebut bisa mengatasi kebakaran di ruangan secara menyeluruh. Perlu Anda ketahui bahwa peletakan APAR juga telah memiliki acuan sehingga dapat menjadi standarisasi kebutuhan APAR. Standarisasi tersebut sangat berguna untuk menghitung estimasi kebutuhan, posisi peletakan APAR, dan pemeliharaan fire extinguisher.

Menghitung Kebutuhan APAR Berdasarkan Luas Bangunan/Area

Cara Menghitung Kebutuhan APAR Berdasarkan Luas Ruangan/Area

Untuk mencegah terjadinya kebakaran yang besar, pemerintah telah membuat standarisasi aturan kebutuhan APAR. Dengan begitu nantinya kebakaran bisa diatas secara cepat dan tepat terutama untuk bangunan seperti gedung atau rumah agar tidak semakin menjalar dan menimbulkan kerugian yang semakin besar.

Pastikan Anda juga meletakkan tabung APAR di masing-masing area terutama di dekat barang yang mudah terbakar dan bernilai tinggi. Oleh karena itu sebaiknya upayakan untuk memasang tabung APAR disetiap lokasi di rumah Anda sebagai bentuk proteksi dini terhadap kebakaran. Tetapi pastikan APAR tersebut disesuaikan dengan luas ruangan/area sehingga dapat mengcover seluruh ruangan saat terjadi kebakaran.

Berikut ini akan dijelaskan cara menghitung kebutuhan APAR berdasarkan luas ruangan/area yang perlu Anda ketahui.

  1. Perkantoran, Koridor dan Aula
  2. Untuk model ruangan terbuka yang luas dengan ukuran luas 200 meter persegi sebaiknya diletakkan 1 unit APAR yang berkapasitas 6 kg. Selain itu pastikan jarak antar unit APAR ini juga tepat yaitu sekitar 20 meter.

  3. Ruangan berpatisi
  4. Pada ruangan yang berpartisi seperti ruangan kamar tidur dan ruangan kantor sebaiknya gunakan 1 unit tabung APAR dengan kapasitas 3 kg. Dengan ukuran tersebut APAR bisa berfungsi mengatasi kebakaran secara tepat pada ruangan yang terbagi dalam partisi-partisi.

  5. Ruang elektrikal
  6. Menghitung kebutuhan APAR berdasarkan luas ruangan/area juga berlaku pada ruang elektrikal dan mekanikal. Pada ruangan yang berskala kecil Anda bisa menyediakan 1 unit APAR saja dengan kapasitas 4kg. Selain itu tambahkan pula 1 unit APAR type Carbon Dioxide CO2 dengan kapasitas 6,8 kg sehingga dapat mengatasi kebakaran secara menyeluruh dan cepat.

  7. Industri atau Area Produksi serta Gardu Listrik
  8. Bangunan seperti ini memang sangat rawan mengalami kebakaan terlebih adanya aliran listrik yang terus menerus dan juga kondisi yang panas menjadikan potensi kebakaran semakin meningkat.

    Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang hebat sebaiknya persiapkan 1 unit APAR type ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 9kg. Selain itu bisa ditambahkan pula APAR trolley Wheeled berkapasitas 50 kg dan 1 unit APAR Trolley Wheelled type Carbon Dioxide dengan kapasitas 9kg.

Bagi Anda yang ingin membeli APAR sebaiknya ketahui terlebih dahulu luas ruangan dan tipe ruangan Anda agar semakin mudah mudah menghitung kebutuhan APAR berdasarkan luas ruangan/area. Meletakkan APAR secara tepat akan membantu mengatasi kebakaran secara tepat dan cepat sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR