Logo APAR Kreasi Ukasah

Teknik Pemasangan Pemadam Kebakaran yang Baik dan Benar

 on 

Mengetahui Teknik Pemasangan Pemadaman Kebakaran yang Baik dan Benar

Pemasangan pemadam kebakaran memang harus diperhatikan karena ada beberapa teknik yang harus Anda pahami agar alat tersebut berfungsi optimal.

Teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar memang perlu Anda ketahui agar nantinya alat pemadam kebakaran tersebut bisa digunakan dengan benar ketika kondisi darurat.

Dalam pemasangan alat pemadam kebakaran memang tak boleh asal pasang saja karena ada teknik-teknik yang harus Anda perhatikan. Terlebih jika alat pemadam kebakaran akan diletakkan di dalam gedung pastinya peletakannya harus tepat agar menjadi pertolongan pertama.

Meskipun tampak sederhana tetapi pemasangan pemadam kebakaran terutama di dalam ruangan memang harus selalu diperhatikan. Jangan sampai asal memasang yang berakibat pada sulitnya alat pemadam kebakaran tersebut untuk dijangkau.

Berikut ini akan dijelaskan teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar untuk menambah wawasan Anda.

Teknik Pemasangan Alat Pemadam-Kebakaran APAR Yang Baik Dan Benar
  1. Mudah Dilihat
  2. Teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar sebaiknya alat pemadam kebakaran diletakkan di posisi yang mudah dijangkau ketika kebakaran sedang terjadi. Sebetulnya terdapat banyak cara agar alat pemadam kebakaran tersebut mudah dilihat oleh orang-orang yang ada disekitarnya. Salah satu caranya adalah dengan memasang stiker pemberitahuan mengenai alat pemadam kebakaran tersebut. Anda juga bisa memberi tanda dimana lokasi alat pemadam kebakaran tersebut diletakkan sehingga bisa dijangkau oleh siapa saja saat kebakaran terjadi.

  3. Sesuai dengan Potensi Kebakaran
  4. Pada saat pemasangan alat pemadam kebakaran sebaiknya sesuaikan dengan tipe dan penggolongan alat pemadam kebakaran tersebut. Mislahkan saja Anda akan memasang alat pemadam kebakaran di gedung yang menyimpan banyak bahan kimia sebaiknya pilih alat pemadam yang bisa mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh bahan kimia. Oleh karena itu pastikan Anda memasang alat pemadam kebakaran sesuai dengan potensi kebakaran agar nantinya bisa memadamkan api secara cepat dan tepat. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak jual alat pemadam kebakaran agar dibantu memilih aat pemadam kebakaran yang tepat.

  5. Cara Penempatan
  6. Alat pemadam kebakaran untuk gedung atau ruangan biasanya diletakkan secara menggantung di dinding serta dilengkapi konstruksi penguat. Agar lebih aman biasanya alat pemadam diletakkan dalam Box APAR kemudian dikunci.

  7. Ketinggian Pemasangan
  8. Teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar harus memperhatikan ketinggian pemasangan. Untuk jarak penggantungan sebaiknya sekitar 1,2 meter dari permukaan lantai. Serta yang paling rendah adalah 15 cm dari permukaan lantai. Hal ini bertujuan agar alat pemadam mudah dijangkau.

  9. Suhu
  10. Disarankan agar alat pemadam kebakaran sebaiknya jangan dipasang pada ruangan yang bersuhu diatas 49 derajat Celcius serta kondisi suhu dibawah minus 44 derajat Celcius. Tetapi jika tabung memang sengaja dibuat untuk suhu-suhu tersebut memang tidak menjadi masalah.

Melalui penjelasan diatas kini Anda bisa memperoleh wawasan baru mengenai teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar. Pemasangan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar memang sangat perlu diperhatikan agar alat pemadam tersebut aman dan dapat digunakan dengan cepat ketika tiba-tiba terjadi kebakaran.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR