Logo APAR Kreasi Ukasah

Tips Memilih Alat Pemadam Kebakaran

 on 

Berbagai Jenis Alat Pemadam Kebakaran Yang Patut Dipertimbangkan

Jenis alat pemadam kebakaran sangat banyak, ada yang berisi serbuk kimia, powder, air dan busa. Bagaimana memilih jenis alat kebakaran yang tepat? Simak berikut ini.

Tips memilih alat pemadam - Jenis dari alat pemadam kebakaran yang berada di lingkungan anda sangat banyak. variasi jenis alat pemadam kebakaran didesain khusus agar semua orang dapat menggunakannya. Jenisnya memang banyak tetapi, belum semua jenis bisa ditemui pada wilayah sekitar anda.

Tips memilih alat pemadam membantu untuk mengetahui jenis alat kebakaran yang lengkap bisa ditemui pada toko. Berbagai jenis alat pemadam kebakaran akan membuat anda kagum. Setiap jenis alat pemadam kebakaran memiliki isi, beban, model, dan desain yang berbeda. Pengecualian terhadap pada cara pengoperasiannya, semuanya sama dan perbedaannya hanya sedikit.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Apakah anda penasaran terhadap jenis alat pemadam kebakaran? Pasti sangat penasaran. Tips memilih alat pemadam yang utama yaitu dengan mengetahui jenis alat pemadam. Berikut ini merupakan jenis alat pemadam kebakaran yang populer.

Memilih Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR)
  1. Alat Pemadam Kebakaran Busa (FOAM)
  2. Tabung berisi busa yang mengandung Natrium Biocarbonte ditambah dengan Aluminium Sulfat dan dicampur dengan air. Alat pemadam jenis ini biasanya digunakan pada kelas alat A, B dan C. Memiliki keunggulan yang praktis, mudah digunakan dan cepat memadamkan api yang ringan.

  3. Alat Pemadam kebakaran serbuk kimia (Dry Chemichal Powder)
  4. Melihat dari namanya, maka isi dari tabung ini adalah serbuk kimia kering. Sering digunakan pada alat pemadam kelas A, B, C, dan E. Tips memilih alat pemadam serbuk kimia memiliki keunggulannya yaitu alat pemadam ini memiliki tingkat keamanan yang lebih dibandingkan dengan alat pemadam CO2.

  5. Alat Pemadam Api Cairan
  6. Isi dari tabung yaitu cairan air yang ketika digunakan akan mengeluarkan air dengan tekanan tinggi. Tujuannya agar api mudah dipadamkan dan lingkungan di sekitar kebakaran menjadi aman. Biasanya alat ini digunakan pada saat terjadi kebakaran yang disebabkan oleh plastik, sampah kertas, karet serta bahan lainnya yang tergolong pada kelas A.

  7. Alat Pemadam Api Karbon Dioksida (Co2)
  8. Menggunakan bahan Karbon Dioksida sebagai pemadam api. Komponen dasar ini dimasukkan ke dalam tabung dan terbukti ampuh untuk mengurangi dan memadamkan api pada sumbernya. Alat ini cocok digunakan pada tipe kebakaran kelas B dan C.

Tips Memilih Alat Pemadam Kebakaran

Solusi memilih jenis alat pemadam kebakaran yang tepat yaitu memperhatikan setiap jenis alat. Berikut ini tips yang harus anda ikuti.

  1. Memilih jenis alat kebakaran yang sesuai dengan luas area yang akan digunakan
  2. Memilih komponen isi tabung yang dapat memadamkan api dengan cepat
  3. Menganalisa keunggulan pada setiap jenis alat pemadam kebakaran
  4. Memilih jenis alat yang bisa digunakan secara mudah

Tips memilih alat pemadam kebakaran di atas sangat membantu memilih alat yang tepat dan membuat waktu anda efisien.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR