Logo APAR Kreasi Ukasah

Berbagai Jenis Isi Alat Pemadam

 on 

Mengenal Berbagai Jenis Isi Alat Pemadam Kebakaran

Salah satu cara menangani kebakaran dengan cepat dan tepat adalah dengan mengetahui berbagai macam jenis isi alat pemadam. Adapun macamnya terdiri dari bubuk kimia kering, CO2, gas cair non hallon, dan super busa.

Mengenal berbagai macam jenis isi alat pemadam perlu diketahui agar penanganan akan musibah kebakaran bisa cepat dan tepat diatasi. Hal ini perlu dilakukan karena mengingat akibat yang ditimbulkan olehnya akan sangat merugikan baik secara finansial maupun keselamatan hidup seseorang.

Bangunan yang terbakar tentu bisa habis terbakar, properti rusak, bahkan nyawapun bisa melayang jika penangannya tak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, pengetahuan akan cara mengatasi musibah kebakaran perlu untuk selalu ditingkatkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui berbagai jenis alat pemadam.

Seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini ada banyak tipe dan jenis isi alat pemadam yang tersedia di pasaran. Namun, dari berbagai alat pemadam tersebut ada beberapa yang cocok digunakan untuk situasi tertentu. Demikian sebaliknya, beberapa tipe alat pemadam juga tak akan cocok digunakan pada kondisi tertentu pula.

Kita tentu perlu tau apa dan kegunaan masing-masing jenis alat pemadam kebakaran. Berikut ulasannya untuk Anda:

  1. Dry Chemical Powder (bubuk kimia kering)
  2. Bahan pemadam jenis ini adalah yang paling populer digunakan. Selain harganya yang murah, namun jenis isi alat pemadam juga dapat memadamkan api pada tiga tipe sekaligus, yaitu tipe A, B, dan C. Selain itu, isi pemadam ini juga cocok digunakan pada banyak tempat seperti pabrik kertas, pabrik plastik, kantor, dan pom bensin, dll. Adapun bahan dasarnya berupa zat kimia mono Ammonium Phospate.

  3. Carbon Dioxide (CO2)
  4. Zat kimia ini juga digunakan sebagai salah satu bahan pemadam kebakaran. CO2 ini berupa gas yang sangat dingin yang berfungsi mematikan api dengan mengambil unsur oksigen. Adapun untuk tipe yang dapat ditangani oleh CO2 adalah api tipe B dan C, yaitu bahan bakar cair dan listrik.v

  5. Gas cair non hallon (Gas HCFC 123/ 141 B)
  6. Sama seperti bubuk kimia kering, jenis isi alat pemadam ini juga yang banyak diminati. Selain dapat digunakan untuk memadamkan api tipe A, B, dan C, jenis bahan pemadam ini juga tak meninggalkan bekas.v

  7. Foam / superbusa (AFFF)
  8. Untuk jenis isi alat pemadam yang terakhir ini merupakan busa mekanik campuran dengan air yang berfungsi untuk memadamkan api tipe A dan B. Adapun cara kerjanya, saat disemprotkan AFFF ini akan segera mengembang. Kemudian ia akan membentuk suatu lapisan film untuk mencegah penguapan bahan bakar masuknya udara, serta mencegah terjadinya kebakaran kembali. Karena sifatnya yang menghantarkan panas, maka jenis bahan pemadam ini sangat tidak cocok digunakan untuk kebakaran tipe api C yaitu listrik.

  9. Water (Air)
  10. Tabung pemadam isi water (air) memiliki tekanan pada tabung yang dapat menghasilkan air yang mengalir secara deras dan terpusat.

  11. Wet Chemicals
  12. Alat pemadam isi wet chemical menggunakan cairan kimia sebagai bahan pemadamnya. Tabung pemadam ini cocok dan sering digunakan di area penuh lemak dan minyak seperti di dapur.

Demikian ulasan mengenai macam-macam jenis isi alat pemadam kebakaran. Dengan mengetahui jenis-jenis dan fungsinya maka proses penanganan kebakaranpun akan lebih cepat dan tepat untuk diselesaikan.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR