Logo APAR Kreasi Ukasah

APAR ABC Dry Chemical Powder

 on 

Mengenal Bahan APAR ABC Dry Chemical Powder

Tabung Pemadam Isi Powder ABC

APAR adalah salah satu alat yang kegunaannya untuk menjinakkan api pada kebakaran. Lalu apa saja bahan penyusun APAR ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

APAR merupakan kepanjangan dari Alat Pemadam Api Ringan. Alat ini memiliki desain kecil dan portable. Desain ini dibuat agar kita mudah menjinakkan api pada kebakaran. APAR sendiri terdiri dari empat jenis isi, yaitu APAR ABC dry chemical powder, carbon dioxide, foam AFFF atau cairan busa, dan hallon free atau pengganti hallon. Nah pada ulasan kali ini, akan dibahas APAR ABC dry chemical powder.

APAR ABC dry chemical powder adalah alat pemadam kebakaran yang dapat memadamkan api pada kelas ABC. Dimana kelas A merupakan kebakaran yang disebabkan oleh benda padat non logam. Seperti misalnya plastik, kertas, kayu atau kain. Kemudian untuk kelas B, merupakan kebakaran yang disebabkan oleh gas, uap, maupaun cairan. Contohnya minyak tanah, bensin, solar, metana, dan lain sebagainya. Sedangkan kebakaran kelas C merupakan kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik.

Dalam APAR ABC dry chemical powder, terdapat bahan-bahan pengisi yang beraneka ragam. Sesuai namanya, bahan tersebut merupakan bubuk kimia kering. Cara kerja dari pemadam jenis ini adalah menghilangkan panas dan kandungan oksigen, menghentikan api yang membesar.

Bahan Penyusun APAR ABC Dry Chemical Powder

  1. Monoamonium fosfat
  2. Bubuk kimia kering ini efektif memadamkan kebakaran kelas ABC. Namun monoamonium fosfat memiliki sifat korosif dibanding bubuk kimia kering lain.

  3. Natrium bicarbonat
  4. Bahan kimia yang juga disebut Sodium bicarbonat ini efektif untuk memadamkan api kelas B dan C. Namun tidak untuk kebakaran kelas A. Hal ini dikarenakan bahan ini cepat hilang dan terdapat kemungkinan api menyala kembali jika masih ada panas. Cara kerja bubuk kimia ini adalah dengan melepas karbondioksida dan menghalangi oksigen.

  5. Pottasium bicarbonat
  6. Bahan ini dapat memadamkan kebakaran kelas B dan C. Namun paling efektif memadamkan kebakaran kelas B daripada Natrium bicarbonat. Sehingga bahan ini banyak digunakan di industri minyak maupun gas.

  7. Kalium bicarbonat dan Monnex
  8. Dibanding bubuk kimia lain, kedua bahan kimia ini juga efektif memadamkan kebakaran kelas B dan C. Hal ini ditambah kemampuan Monnex memecah bubuk kimia hingga partikel terkecil.

  9. Kalium klorida
  10. Bahan ini juga cocok memadamkan kebakaran kelas B dan C. Namun memiliki kekurangan bersifat korosif dan meninggalkan residu seperti garam bubuk.

  11. Pyrokyl
  12. Bahan ini merupakan bentuk lain dari Sodium bicarbonat. Pyrokyl mengandung partikel silika yang dapat mencegah benda terkena oksigen yang bisa membuat api cepat membesar.

Kini kita sudah mengenal bahan APAR ABC dry chemical powder. Meskipun memiliki kekurangan dapat menyebabkan korosi atau karat dan meninggalkan residu, jenis alat pemadam ini efektif untuk memadamkan kebakaran kelas ABC.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR