Logo APAR Kreasi Ukasah

APAR AFF Foam (Busa)

 on 

Isi Busa Foam untuk Tabung APAR

Tabung Pemadam Isi AFF Foam

APAR isi busa adalah alat pemadam api ringan dengan menggunakan tabung pemadam APAR isi busa yang berisi busa mekanik. Bagaimana kegunaan, penggunaannya, serta apa bahannya, yuk simak artikel berikut ini !

Dalam lingkungan kehidupan kita, kebakaran sudah tidak asing lagi terjadi. Berbagai penyebab menjadi timbulnya kebakaran baik kecil, sedang maupun yang hingga menghanguskan segala gedung. APAR adalah alat pemadam api ringan, yang mana salah satu jenisnya menggunakan tabung pemadam isi foam.

Sebenarnya, selain tabung pemadam isi foam, ada juga tabung pemadam isi CO2 (karbon dioksida), bahan gas cair atau HCF-21 (Halon Free) dan serbuk kimia kering. Masing masing jenis dan bahan memiliki fungsi sendiri yang mana antara fungsi bahan satu berbeda dengan bahan lainnya.

Bahan dan Fungsi Tabung Pemadam Isi Busa Foam

Bahan dari tabung pemadam isi foam sendiri dikenal dengan bahan super busa atau foam liquid, dan juga AFFF. Bahan dari tabung pemadam isi foam ini adalah suatu busa mekanik, yang mana penggunaan yang tepat dari bahan ini adalah untuk memadamkan api yang terjadi akibat benda benda cair mudah terbakar maupun benda padat, misalnya oli, bensin, tiner, dan lain sebagainya.

Untuk penggunaan tabung pemadam isi foam, sangat tepat untuk memadamkan kebakaran dengan api jenis A maupun jenis B. Untuk api jenis A adalah kebakaran terjadi oleh bahan bahan seperti kertas, kayu, batu bara, tekstil dan bahan lain yang jenisnya sama. Sedangkan untuk api jenis B adalah kebakaran akibat bahan bahan yang mudah terbakar, seperti oli, bensin, tiner, dan lain sebagainya.

Alat pemadam api ringan menggunakan alat tabung pemadam isi foam ini tidak tepat jika digunakan untuk memadamkan api yang disebabkan oleh alat elektronik maupun aliran listrik, karena alat ini mengandung proporsi air.

Keunggulan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dengan menggunakan tabung pemadam isi foam ini adalah fungsinya yang lebih baik jika dibanding pemadam api dengan menggunakan air. Secara fungsi, tabung pemadam isi foam ini bekerja dengan cara menahan bekas bahan bahan maupun area kebakaran agar api tidak kembali nyala.

Cara menggunakan alat pemadam api dengan bahan super busa atau foam liquid ini adalah dengan cara di permukaan api yang sedang menyala sehingga api tidak mengakibatkan percikan dan dapat dikendalikan dengan lebih mudah. Bahan super busa atau foam liquid bisa menutup permukaan dengan membentuk semacam lapisan seperti film, yang mana ini dapat mendinginkan area atau barang barang yang terbakar.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pada umumnya dilakukan pengisian ulang (refill) pada setiap tahunnya, berdasarkan dengan Standar Dinas Pemadam Kebakaran. Untuk penggunaan alat pemadam api dengan menggunakan bahan super busa atau foam liquid ini biasanya di tempat tempat gedung, bukan tempat lapang dan terbuka, seperti misalnya garasi, ruang pertemuan, workshop, perumahan, tempat tempat kendaraan, dan lain sebagainya.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR