Logo APAR Kreasi Ukasah

APAR CO2 (Karbon Dioksida)

 on 

Bahan APAR CO2 dan Fungsinya

Tabung Pemadam Isi CO2

APAR CO2 adalah alat pemadam api ringan dengan menggunakan tabung pemadam APAR CO2 yang berisi senyawa CO2. Apa saja kegunaannya, cara menggunakannya serta apa bahannya? Ketahui pada artikel berikut ini !

Sering kali kita menjumpai kejadian kebakaran di sekitar lingkungan. Oleh karena itu, biasanya di gedung gedung seperti rumah sakit, apartemen, hotel, dan sebagainya selalu sedia APAR. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) CO2 pada umumnya menggunakan kemasan dalam bentuk tabung pemadam APAR CO2.

Sebenarnya ada beberapa jenis bahan yang digunakan sebagai APAR, seperti misalnya CO2 (Karbon Dioksida), gas cair atau HCF-21 (Halon Free), super busa atau foam liquid, dan serbuk kimia kering yang mana masing masing jenis APAR mempunyai fungsi sendiri sesuai level api yang akan dipadamkan. Akan tetapi, pada artikel ini hanya akan membahas pada poin tabung pemadam APAR CO2 saja.

Bahan Dasar APAR CO2

Pada APAR (Alat Pemadam Api Ringan) jenis CO2 yang dikemas dalam tabung pemadam APAR CO2, bahan utama yang digunakan adalah CO2 (Karbon Dioksida) yang merupakan senyawa kimia yang bersih dan efektif sebagai pemadam api.

Penggunaan alat pemadam api yang menggunakan tabung pemadam APAR CO2 lebih tepat untuk memadamkan api yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar, seperti akibat kesalahan pada alat elektronik atau saluran listrik. Untuk APAR, setiap tahun harus dilakukan isi ulang (refill) dengan berdasarkan Standar Dinas Pemadam Kebakaran.

Untuk alat pemadam api dengan tabung pemadam APAR CO2 ini bekerja dengan cara menghilangkan senyawa oksigen yang terdapat pada api, dengan tujuan agar api berhenti membakar wilayah yang terbakar.

Fungsi APAR CO2

Jika dikatakan fungsi dari alat pemadam api adalah untuk memadamkan api, memang hal itu benar adanya. Namun demikian, berdasarkan penjelasan di atas, yang mana masing masing jenis APAR memiliki fungsi yang berbeda beda sesuai tingkat api yang hendak dipadamkan.

Fungsi dari APAR yang menggunakan tabung pemadam APAR CO2 adalah untuk memadamkan api dengan tingkat yang rendah, api yang membakar dengan ukuran besar tidak bisa dipadamkan dengan menggunakan alat tabung pemadam APAR CO2. Jenis api yang mampu dipadamkan dengan menggunakan alat ini adalah kebakaran dengan tingkat level B maupun level C.

Kebakaran yang termasuk kelas B dan C adalah kebakaran dengan api tingkat rendah dan cocok untuk api yang disebabkan oleh elektronik. Sedangkan kebakaran tingkat A dan B merupakan kebakaran dengan api yang terbuat dari bahan bahan seperti kayu, tekstil, kertas, batu bara, dan sebagainya sehingga tidak bisa diatasi dengan menggunakan tabung pemadam APAR CO2.

Bahan dari senyawa CO2 adalah termasuk bahan yang ramah lingkungan, selain itu juga tidak mengakibatkan adanya residu. Untuk penyimpanan yang aman, pada umumnya alat ini diletakkan di tempat tempat yang mungkin sensitif terhadap kontaminasi. Misalnya di ruang ruang elektronik, seperti server komputer, laboratorium, dan sebagainya.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR