Logo APAR Kreasi Ukasah

Perlengkapan Pemadam Kebakaran

 on 

Peralatan dan Perlengkapan Pemadam Kebakaran

Perlengkapan Pemadam Kebakaran yang harus digunakan oleh pegawai pemadam kebakaran agar pekerjaan yang dilakukan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur kerja

Kebakaran adalah musibah yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Musibah ini biasa terjadi karena ketidaksengajaan manusia itu sendiri sehingga kebakaran bisa terjadi.

Kini telah banyak terobosan yang digunakan agar kecelakaan yang terjadi karena kebakaran bisa dengan mudah dihadapi. Di berbagai tempat umum seperti mall, rumah sakit dan beberapa keramaian lain sudah tersedia APAR atau biasa dikenal dengan Alat Pemadam Api Ringan.

Alat Pemadam Api Ringan ini berbentuk tabung berwarna merah yang berisi bahan yang dapat mematikan sumber api dengan cepat. Bahan yang ada di dalam tabung Alat Pemadam Api Ringan juga beraneka ragam ada yang berisi air, busa, CO2 dan beberapa bahan kimia lain. Namun saat sumber api memiliki ukuran besar tentunya petugas pemadam kebakaran lebih memiliki andil untuk mematikan sumber api.

Petugas pemadam kebakaran selain mempunyai resiko terkena panas dari api ketika terjadinya kebakaran, mereka juga beresiko terkena asap beracun, benda tajam, tanah yang tidak rata, permukaan licin, cairan biologis, bahan kimia yang tumpah dan sengatan listrik.

Peralatan yang digunakan petugas pemadam kebakaran sangat penting bagi kelangsungan hidupnya dan orang yang diselamatkan. Tanpa itu, petugas pemadam kebakaran tidak akan bisa memasuki gedung yang terbakar, menyelamatkan seseorang yang terjebak dalam bangunan. Setiap peralatan itu unik dan memiliki tujuan khusus. Petugas pemadam kebakaran profesional harus mengetahui setiap bagian dan bagaimana menggunakannya agar berhasil.

Karena perlengkapan pemadam kebakaran ini sangat diperlukan agar dapat memberikan perlindungan terbaik bagi petugas pemadam kebakarani. Peralatan pemadam kebakaran yang umumnya diketahui terdiri dari beberapa alat berikut :

Berikut adalah perlengkapan pemadam kebakaran yang aman dan perlu anda ketahui

  1. Fire Hydrant System: tabung pemadam api yang biasa disediakan di beberapa titik tempat yang menjadi titik kumpul orang banyak.
  2. Tabung Pemadam Api: mematikan sumber api yang beasal dari apik kecil atau asap, tabung ini dinilai bisa membantu kebakaran yang belum merembet.
  3. Pompa Hdyrant: fungsi alat pemadam satu ini dalah untuk memompa api yang menjadi sumber terjadinya kebakaran.
  4. Selang Hydrant: perlengkapan pemadam kebakaran ini berbentuk selang dengan fungsi untuk menyalurkan air menuju ke titik api yang sebelumnya telah disambungkan dengan Pompa Hdyrant.
  5. Nozzle: keran yang biasa ada di ujung selang untuk mengatur keluarnya air yang digunakan untuk mematikan sumber api, alat ini juga berfungsi mengatur tekanan air yang akan digunakan.
  6. Coupling : fungsi dari alat satu ini adalah untuk mengikat selang yang sudah selesai digunakan untuk memadamkan api. Selang yang bisa diikat dengan Coupling adalah jenis selang yang menggunakan Nozzle saja.
  7. Hydra Valve dan Siamase Conection: hydra Valve berfungsi untuk mengatur jumlah air yang keluar dari mobil pemadam atau sumber air. Sedangkan Siamase Conection memiliki fungsi untuk menggandakan tempat keluarnya air dari pipa Hydrant.
  8. Alat Pemadam Api Ringan: biasanya alat ini ada di tempat yang memiliki banyak pengunjung seperti mall dan rumah sakit. Alat ini bisa dengan mudah digunakan untuk mematikan sumber api bila pemadam kebakaran belum tiba di tempat kejadian.
  9. Fire Helmet dan fireman closing : dua alat ini paling dibutuhkan pemadam kebakaran ini berfungsi untuk menurunkan suhu panas yang terjadi karena kebakaran agar pompa air dapat bekerja dengan baik dan optimal.
  10. Mask Respiration: Alat yang digunakan untuk melindungi Fire Bride dari debu, asap atau gas yang timbul karena kebakaran.
  11. Fire Alarm System: Fire Alarm System memiliki fungsi mendeteksi serta memberikan isyarat pada alarm bahwa terdapat asap yang mengepul atau sumber api dari dalam atau area sekitaran gedung.
  12. Heat Detector: Heat Detector memiliki fungsi sebagai pendeteksi api dan menyambungkan ke sumber bel untuk memberikan peringatan pada orang-orang bahwa terjadi kebakaran.
  13. Hydrant Pillar atau water monitor: Hydrant Pillar memiliki fungsi sebagai jalan keluar dari pompa hydrant yang sebelumnya telah disambungkan dengan selang pompa hydrant untuk menyemprotkan air ke titik api.
  14. Panel MCFA: Panel MCFA memiliki fungsi sebagai semacam pusat dari seluruh sistem kontrol jaringan fire alarm.
  15. Smoke Detektor: Smoke Detector bermanfaat untuk menangkap asap serta memberi peringatan jika nantinya ada adanya asap yang terdeteksi. Peringatan bisa berupa alarm bunyi yang terdapat pada bell.
  16. Push Button: memiliki fungsi untuk memberikan peringatan pada masyarakat bila didalam gedung yang sedang ditempati terjadi kebakaran dan diharapkan untuk segera menyelamatkan diri.

Diatas adalah beberapa perlengkapan pemadam kebakaran yang perlu diketahui. Mengetahui jenis benda-benda tersebut tentulah sangat membantu jika sewaktu-waktu ada musibah kebakaran disekitar Anda. Dengan ini Anda jadi bisa lebih waspada dan lebih cepat penangan terhadap musibah kebakaran.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR