Logo APAR Kreasi Ukasah

Breathing Apparatus, Alat Pernapasan Pemadam Kebakaran

 on 

Alat Pernapasan Bertekanan Udara Breathing Apparatus

Fungsi utama Breathing Asparatus, membantu untuk melakukan pernafasan terutama ketika dalam keadaan atau peristiwa berbahaya. Ulasan singkatnya, simak artikel berikut!

Self Contained breathing apparatus dikenal juga dengan sebutan alat pernapasan bertekanan udara atau SCBA atau BA. Alat ini biasanya digunakan oleh para petugas penyelamat seperti tim pemadam kebakaran ketika memadamkan kobaran si jago merah, atau pun digunakan tim penyelamat lainnya. Fungsi utama BA, membantu untuk melakukan pernafasan terutama ketika dalam keadaan atau peristiwa berbahaya. Alat ini dibuat untuk penggunaan di darat dan juga di bawah air yang biasa disebut Self Contained Underwater breathing apparatus atau SCUBA.

Tiga Komponen Utama Breathing Apparatus

Masker breathing apparatus ini mandiri atau self contained sebab rangkaian sistem pernafasannya tidak tergantung dengan persediaan udara dari selang yang panjang cukup dengan tabung udara yang bertekanan. Udara dari masker BA biasanya bukan oksigen murni, tetapi udara yang difiltrasi serta dikompresi. Alat pernafasan ini resisten dari api dan membantu memberi udara yang layak agar penggunanya dapat bernafas. BA biasanya memiliki tiga komponen utama antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tangki atau tabung udara bertekanan tinggi, volume bervariasi. Kapasitas tabung umumnya berkisar : 9L, 8L, 6L, 5L, 4L, 3L, atau 2L. Tangki udara ini biasanya terbuat dari bahan Alumunium, Baja maupun Fiber Composite.
  2. Regulator pengatur tekanan
  3. Sambungan inhalasi berupa corong mulut atau masker mulut dan masker wajah, yang menyatu.

Bagian Lainnya Dari Breathing Apparatus (SCAB dan SCUBA)

Breathing Apparatus
  1. Backpack plate yang berfungsi mengakomodasi tabung atau tangki udara (cylinder)
  2. Reducer Valve yang berfungsi menurunkan tekanan tabung udara dari bertekanan tinggi jadi bertekanan rendah. Tekanan pada tabung udara bervariasi diantaranya 300 Bar, 200 Bar, 150 Bar jadi bertekanan rendah yakni 8 Bar
  3. LDV (Lung Demand Valve) yang berfungsi mengatur konsumsi dari tabung ke masker full face.
  4. Masker Full Face yang berfungsi menutup wajah agar terhindar dari udara yang terkontaminasi racun atau pun kadar oksigen yang kurang dari batas minimal.
  5. Pressure Gauge yang berfungsi mengetahui tekanan tabung udara.
  6. Warning Whistle yang berfungsi sebagai pluit penanda untuk memperingatkan tekanan udara di dalam tabung breathing apparatus tinggal menipis, dan pengguna harus meninggalkan kondisi atau tempat berbahaya menuju tempat lebih aman.

Kategori Masker BA

Masker BA ini memungkinkan penggunanya untuk menghirup udara yang bersih dari tangki udara, meskipun penggunanya berada di tengah kepungan asap tebal maupun di dalam air. Breathing apparatus ini dilengkapi pula dengan pengunci pada bagian pinggang serta gantungan bahu hingga seperti tas ransel. Setiap BA yang berstandar sudah diverifikasi mampu diandalkan untuk dioperasikan serta melindungi penggunanya dalam suhu -30°Celcius hingga +60°Celcius. Berdasarkan sistem rangkaian pernafasannya, masker breathing apparatus dibagi menjadi dua kategori yang berbeda.

  1. Filter sirkuit terbuka
  2. Filter sirkuit tertutup
Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR