Logo APAR Kreasi Ukasah

Selang Tabung Alat Pemadam

 on 

Penggunaan Selang Tabung APAR

Selang tabung APAR ini juga disebut dengan selang Hydrant, yakni sebagai salah satu dari serangkaian peralatan pemadam kebakaran, seperti tabung pemadam kebakaran, file Hydrant System, Pompa Hydrant dan lain sebagainya.

Penggunaan Selang Tabung APAR oleh Petugas Pemadam Kebakaran

Selang Tabung - Alat Pemadam

Tabung pemadam kebakaran adalah alat utama yang digunakan oleh para petugas pemadam kebakaran. Tabung ini adalah senjata utamanya. Karena tabung inilah yang nantinya digunakan untuk memadamkan api. Apalagi sudah dilengkapi dengan selang tabung APAR, maka fungsinya menjadi lebih maksimal.

Banyak peralatan pemadam kebakaran ini yang harus diketahui, bukan hanya karena sebagai pengguna jasa pemadam saja kita bersifat acuh. Karena bahaya kebakaran bsia kapan saja terjadi dan di mana saja.

Tabung pemadam kebakaran ini biasa dipakai oleh para petugas pemadam kebakaran jika intensitas api yang dipadamkan adalah api yang kecil, misalnya hanya membakar satu ruangan saja. Di gedung-gedung bertingkat, tabung ini disediakan di setiap lantai. Bahkan ada sosialisasi tersendiri untuk para karyawan agar bisa menggunakannya sendiri tanpa bantuan pemadam kebakaran.

Pengetahuan tentang tabung pemadam kebakaran ini yang juga terkait dengan selang tabung APAR harus dipahami dengan baik agar tepat dalam penggunaannya. Untuk para petugas pemadam kebakaran sendiri, juga selalu menggunakan tabung pemadam kebakaran ini selain sudah menggunakan mobil pemadam.

Mobil pemadam hanya akan menyemprotkan air dari luar, sedangkan tabung pemadam bisa dibawa dengan mudah untuk memadamkan api di dalam ruangan. Sehingga kombinasi antara tabung pemadam ini dengan mobil pemadam kebakaran sangatlah penting dan selalu digunakan sebagai senjata utama para pemadam kebakaran saat menjalankan aksinya.

Adapun fungsi dari selang tabung APAR ini adalah untuk menyalurkan air dari pompa ke area yang akan dipadamkan. Karena air sudah mendapatkan tekanan ke arah luar dari pompa, sehingga selang hanya bertugas untuk meneruskannya.

Selang tabung APAR ini juga disebut dengan selang Hydrant, yakni sebagai salah satu dari serangkaian peralatan pemadam kebakaran, seperti tabung pemadam kebakaran, file Hydrant System, Pompa Hydrant, Nozzle, Coupling, Hydrant Pillar, Box Hydrant, Fire Alarm System, Smoke Detector, Panel MCFA, Push Button, dan lain-lain.

Untuk pembelian selang tabung APAR, akan tergantung pada ukurannya, yakni selang untuk tabung 6 kilogram atau selang yang untuk tabung 3 kilogram. Untuk selang tabung 6 kilogram, di bandrol dengan harga ratusan ribu, sedangkan selang untuk ukuran 3 kg di bandrol dengan harga puluhan ribu saja.

Berbeda lagi dengan jenis selang Rabel Turalun dan selang Jet Star yang harganya jutaan rupiah, namun juga berdasarkan pada ukurannya yang berbeda-beda. Untuk ukuran yang lebih besar maka harganya akan lebih mahal. Setelah menggunakan selang ini, kita pun masih perlu menggunakan cabang selang yang harganya juga jutaan rupiah.

Penggunaan selang tabung APAR yang terdapat di dalam komponen tabung pemadam kebakaran sangat penting. Tanpa adanya selang ini, medianya atau airnya tidak akan bisa keluar dan api tidak akan bisa dipadamkan.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR