Logo APAR Kreasi Ukasah

Tuas/Handle Alat Pemadam Api Ringan

 on 

Sparepart Tabung Pemadam Tuas (Handle)

Pemadam kebakaran yang berada di mall atau toko besar lainnya memiliki komponen yang fungsi berbeda. Mengetahui komponen dari tabung pemadam kebakaran akan membuat anda mengerti dan mudah menggunakan pemadam tersebut.

Tuas/Handle (Komponen Yang Berada Di Tabung Pemadam)

Tuas(Handle) - Tabung Pemadam

Tuas/handle (komponen yang berada di tabung pemadam) - Seringkali pada saat berbelanja di mall atau toko besar lainnya yang berada di kota melihat tabung merah yang menempel pada dinding. Lokasi tabung tersebut diletakkan pada daerah tertentu, jadi jarang sekali kita melihatnya. Tabung berwarna merah tersebut adalah tabung yang digunakan untuk memadamkan api pada saat terjadi kebakaran, dan ini termasuk sebagai APAR yang harus dimiliki.

Alat Pemadam Api Ringan atau disebut dengan APAR. Adanya APAR ini pada toko atau tempat lainnya adalah menjaga kesehatan dan keselamatan kerja. Tentunya untuk keselamatan seluruh orang yang berada pada lokasi kebakaran. APAR ini wajib ada pada setiap toko karena untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran ringan. Kebakaran ringan akan memicu kebakaran yang besar sehingga sangat berbahaya sekali.

Terdapat beberapa bagian penting yang berada pada tabung pemadam kebakaran. Bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Berikut merupakan informasi tentang tuas/handle.

  1. Head Grip

    Pada bagian atas terdapa pembuka dan penutup katup yang sekaligus berfungsi sebagai pegangan saat menggunakan tabung kebakaran. Head Grip dibagi menjadi dua bagian yaitu atas dan bawah. Pada bagian atas berfungsi sebagai safety pin atau disebut pin pengaman.

  2. Pressure Gauge

    Alat pengukur tekanan berfungsi untuk mengukur tekanan yang di dalam tabung. Pada semua tabung kebakaran memiliki tekanan yang sama yaitu 13-15 bar. Pada pressuare gauge terdapat jarum penunjuk tekanan yang menginkasikan bahwa tabung sudah siap digunakan.

  3. Selang (hose) dan pengait selang (hose holder)

    Berikutnya yaitu Selang berfungsi untuk menyalurkan isi dari dalam tabung untuk keluar. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan selang agar tidak tersumbat atau mengalami kerusakan. Apabila terjadi kerusakan, maka segera lakukan perbaikan atau memanggil teknisi.

  4. Tabung

    Tabung berfungsi sebagai tempat penyimpanan isi APAR yang salah satunya adalah dry chemical powder untuk memadamkan api. Waspada selalu terhadap tabung tersebut agar tidak terjadi kebocoran.

Cara Menggunakan APAR

Selain tuas/handle, Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan APAR ini, karena untuk menjaga keselamatan anda dan orang di sekitar anda. Berikut adalah cara penggunaan APAR yang perlu anda ketahui.

  1. Menarik pin pengaman dengan bentuk seperti kunci
  2. Memegang tabung dan mengarahkan selang tabung ketitik api
  3. Menekan tuas/ katup untuk mengeluarkan isi tabung
  4. Menyemprotkan ke sumber api sampai api padam

Cara penggunaannya sangat mudah dipahami oleh anda, sehingga pada saat terjadi kebakaran anda bisa langsung menggunakan APAR tersebut. Dengan mengenal tuas/handle serta cara penggunaannya akan membantu anda saat terjadi kebakaran. Pengetahuan tersebut jarang anda dapatkan, jadi pahamilah tentang tuas/handle dan cara penggunaannya.

Updated on 

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi mengenai alat pemadam kebakaran, dan untuk mendapatkan penawaran dan diskon harga APAR